Tentang Ulang Taon

birthday

Saya 21… dan saya belum jadi apa2…

kepikiran untuk menulis sesuatu yang BARU gw pahami akhir2 ini… yeah… umur emang pengaruh ke pemikiran kamu…

baru ngambil app test ulang taon di pesbuk…gw kira ini bakal jadi test asal2an yang hasilnya standar2 aj… tp gw salah… gw yakin ini AKURAT BANGET… lu2 pade bisa nyobain aplikasi ini di pesbuk dah..

ada 2 hal yang bener2 gw rasakan mengusik, 3 sebenernya… tapi ada 2 hal yang pengen gw bahas terlebih dahulu..yaitu

1. ego

2.ambisius

Ambisius… hmm… kata dasarnya ambisi… brarti memiliki sebuah tujuan… konotasinya nyerempet negatif y… hmm.. jadi inget.. knp gw jadi orang yang cukup aneh seperti sekarang ini…

well… untuk orang seumuran gw… gw merasa sudah cukup banyak hal yang terjadi dalam hidup gw… dan entah kenapa..  believe me for this one… ini ngebuat gw mungkin masak sebelum waktunya…

tiap orang dateng dari background yang brbeda… gw tau it… gw sendiri emang ga pernah mengalami hal-hal yang menyakitkan secara fisik… well… ini termasuk gw tidak pernah sampe mengalami siksaan fisik dari para senior, selama gw mengenyam pendidikan,  menggelandang (menjadi gelandangan)… harus sampe putus sekolah demi menghidupi keluarga… ga… dan jangan sampe deh…

tapi secara mental… even the most little thing teaches me everything… bahkan untuk hal-hal yang dialami orang lain… apalagi kalo it ampe gw alami sndiri… bakal berlipat2 pemikiran dan terkadang memerlukan berbulan-bulan untuk meredamnya…

contoh kecil… ini bener2 keciiil banget.. dan jangan disalahartikan… mungkin di antara temen2 kampus gw sekarang terbiasa dengan panggilan “si cina” dan “jawa”… bahkan ga bakal gw hindari… ini yang emang ngebuat kita… ato setidaknya yang gw rasakan, bisa nge-“blend” dengan temen2… jadi lebih akrab lagi…

tapi, mungkin ga ad yang pernah tau… dan mungkin skarang kamu2 bakal tau…

dulu… duluuuuu banget

betapa panggilan “cina” itu dulu… duluuu banget… bakal bener2 nyakitin hati…

sekarang sih gw udah biasa aj.. bener2 biasa…

and trust me, it’s more than what meet the eye untuk bisa memperkenalkan “konsep” it sebagai sbuah konsep untuk “mempersatukan”, bukan sebaliknya, yang merupakan salah satu propaganda paling keji yang pernah ada.. sblum gw bisa menerima sendiri kenyataan yang terjadi di balik it smua… skali la

yang paling parah.. ada satu hal yang ampe sekarang bener2 mengkonsumsi pemikiran dan tenaga gw…

gw pengen “sukses muda”…

ya iylah sam… siapa sih yang ga mau sukses muda?? semua juga pikirannya begitu… semua jg pengen begitu…

but trust me, ‘pengen’ gw bukan sekedar pengen biasa…

keinginan it bahkan… notice di sini… bahkan sejak gw masi kecil…

ini bukan hanya kebentuk dari pengalaman diri sendiri… tapi juga mendengar dari pengalaman orang2 lain… apalagi ternyata test yang baru gw lakukan mengatakan… bahwa sifat ambisius memang mendarah daging bagi orang yang lahir di tanggal 19 januari…  semuanya gw sarikan dalam sebuah tujuan dangkal “gw pengen sukses muda”…

apa yang udah gw lakukan ampe sekarang untuk mewujudkan hal it? ato lebih tepatnya,  apa yang udah gw KORBANKAN untuk hal ini? banyak… banyak banget..

mulai dari skala kecil.. karena dulu masi anak kecil…

dari mengurangi waktu main demi selalu menjadi nomor satu… mengingkari perasaan hati… ampe segala-galanya…

lagi-lagi gw ngasi notice di sini… SEGALA-GALANYA…

Ini yang bakal menjelaskan point no 1.. ego…

Dulu mungkin pemikiran gw seperti ini kira2…

di bidang apa gw bisa menjadi no 1? oh, di bidang pendidikan… I thought I was a good learner.. dan emang bener… maka gw kejarlah ‘sukses muda’ gw di bidang pendidikan… hasilnya lumayan…

Sekarang… kalo boleh jujur… I feel my ambition is killing me…  dan ego itu semakin menjadi-jadi…

sejujurny yang gw rasakan adalah…

takut…

ya.. takut…

karena ternyata, hal ini semakin parah… bener… makin parah… yang paling gw rasakan adalah… gw lemah dalam menjalin relationship… eits.. jangan mikirin gw bakal curhat tentang ngebahas kejombloan gw yang mendekati “jomblo perak”.. yeeyyy…

bahkan parahnya… even with my own family… notice lagi di sini… BAHKAN KELUARGA GW… juga terkena dampaknya… terkadang gw bs brminggu2 ga nelpon papa mama sendiri… kontras dengan kk gw dulu … yang waktu dia kuliah bisa nelpon paling tidak sekali setiap 2-3 hari …

gw bisa ga keluar kamar… berjam-jam… meninggalkan nenek gw yang juga tinggal sendiri… bahkan sekarang gw jarang makan malem bareng ama dia…

gw ga dateng ke acara2 kluarga… bahkan acara NIKAH saudara gw sndiri… tepatnya 18 Januari kemaren… di saat seharusnya gw jadi wakil kluarga yang setidaknya dateng untuk menghormati yang punya acara…

dengan mudahnya gw ga ngebales tiap SMS yang masuk ke HP gw… tidak mnjawab call yang masuk ke HP gw…

dengan mudahnya gw bisa kesel, gw bisa berkata kasar, gw bisa brubah mood… marah tanpa sebab…

hanya karena desain background proposal yang salah warna, karena ga berhasil menemukan kesalahan apa yang gw perbuat di hasil kodingan gw… hanya karena nilai yang gw dapetkan lebih rendah dari temen2 gw… hanya karena ada anggota tim yang “GB”…hanya karena ada hal-hal yang gw tetapkan sebagai “standar-standar” ideal yang ga berhasil gw capai .. yang gw nilai  melenceng  dari fokus utama gw…

“sukses muda”

ambisius kah gw? iy…

ego kah gw? iy…

senangkah gw? tidak…

gimanapun jg gw MANUSIA… gw merasa ada yang salah dengan diri gw… gw ga sehat… gw SALAH…  gw tersiksa dengan hal ini…

intinya gw sering “miss” terhadap orang-orang yang sebenernya bener2 perhatian dan telah ngebantu gw untuk bs tetep survive ampe sekarang ini…

sebelum gw nulis ini, gw selalu berpikiran… ah.. apa sih artinya ngucapin selamet natal, selamet taon baru.. happy anniversary… happy birthday… toh hal2 it jg tiap taon ada,,, tiap taon dirayain…

tapi… melihat pesbuk tadi sore… gw serasa disadarkan… betapa gw telah egois… banyak orang di antara yang memberi ucapan selamat ultah… gw sama sekali TIDAK PERNAH mengucapkan hal yang sama kepada mereka taon lalu…

hmm..  gw terharu…jujur…. walau  cuma perkataan ‘selamat’ ato pernyataan minta pajak ‘makan-makan’… itu adalah salah satu cara mantain relationship yang dah lama gw lupakan…

puncaknya ketika tadi sore gw melihat “paket yang tak terlihat sebelumnya”…maklum… di rumah ini lagi terjadi renovasi… sehingga banyak kardus bergeletakan ruangan…

sang pengirim yang meminta namanya anonim saja di blog ini… mengirimkan ini 2 buah benda ini…

img_0199

stand for laptop… jadi ga panas lagi laptop kalo dipake di ranjang

img_0201

tas macbook… so neat and compact

sang anonim adalah saudara, temen, kolega, temen berbagi pemikiran, yang entah kenapa memiliki jalan pikiran hampir sama, temen maen DoTA yang handal, seseorang yang kepada keluarganya pun gw berhutang budi sangat besar…

jujur gw malu… gw malu semalu malunya…

taon lalu gw lupa… bahkan untuk sekedar SMS… untuk mengucapkan selamat ulang taon… kepada dia… anggota keluarga dia… huhu…

gw nulis ini sebagai checkpoint kehidupan gw… just in case ambisi dan ego membutakan mata gw dan ngebuat gw lupa dengan “orang-orang di sekitar gw”… tanpa mereka pun.. gw ga bakal menjadi orang sperti ini… jika seandainya gw bener2 dah gelap mata…. gw bisa ngelihat catatan gw ini… sehingga gw inget bahwa “kacang ini dulunya berkulit”

thx teman2… thx my family… thx “anonim”… thx untuk keluarganya “anonim”…

gw berusaha menjadi orang yang lebih “care” terhadap process… process gw hidup… bukan kepada goalnya saja…

davsam

7 comments on “Tentang Ulang Taon

  1. gila pid ….
    mantabs..
    biasanya kesadaran itu muncul harus dari dalam diri sendiri
    karena kalo cuma dengar nasehat org sini
    paling masuk kiri keluar kanan

    tp kalau kita udah melalui sesuatu
    menangkap sesuatu dengan kalo boleh lebay
    setiap sel di dalam diri kita
    itu akan memberikan efek yang lebih dripada hanya
    mendengar perkataan orang2…

    be more sensitive, positively

  2. Pid, percayalah pid, kamu juga bisa jadi nomor satu di pergaulan sosial. Sejak dari TPB sampe sekarang. Tapi jangan menutupi dirimu sebenarnya, Jadi diri sendiri, maka orang akan makin hormat pada dikau 😀

  3. great post gan…
    salute…
    yah pid klo ama kita2 mah santai aja…
    ga perlu berusaha terlalu keras…
    you’re already a great friend in our heart…
    hoho… 😀

    btw sharusnya di gambarnya yg dikotakin yg sense of homour: SLAPSTICK…
    ahahaha…

Tinggalkan Balasan

