Langkah2 Bangun sendiri aplikasi iPhone-mu, crack sendiri, dan share sendiri (part I)

Sebelumnya menyebar ilmu, bisa mendengar sedikit kisah dari saya.. auau…
Tertarik mengembangkan aplikasi iPhone/iPod touch? Terbentrok harus beli 99US$ lisensi? Di mana ada kemauan, di situ ada jalan… setidaknya itu kata pepatah.. hehe
Saya akan mencoba sharing tentang iPhone development ‘jalan belakang’. Tentu saja dengan cara ini, tidak serta merta anda bisa publish aplikasi anda di appstore. Tapi setidaknya, sambil menunggu account anda di-approve oleh Apple, tidak ada salahnya anda mencoba memasukkan aplikasi ke dalam iPhone anda… ya kan? Hehe…
Oh ya, saya telah mengembangkan sebuah aplikasi yang saya develop mandiri, crack mandiri, dan sebar secara free dan mandiri juga, yaitu EmoBible… yang bisa anda unduh di sini
Developing aplikasi di iPhone memang ‘sedikit mewah’… apalagi bagi saya seorang mahasiswa kecil… mengumpulkan duit untuk membeli ‘senjata saja’ setengah mati… dari 2008 saya kumpulin uang… sen demi sen untuk membeli perlengkapan yang saya gunakan dalam percobaan kali ini:
-iPhone 2G (beli Okt. 2008), oleh2 menang kompetisi megatron, yang beberapa bulan setelahnya langsung digempur iPhone 3G T_T
– Macbook Putih 2.4 Ghz. (beli th Desember 2008), oleh2 menang kompetisi NIC 2008 (beli 13 juta, ternyata beberapa bulan kemudian keluar macbook aluminium harga 14 jutaan T_T)

That’s it! Dulu awal tahun 2009 juga sempet ngebeli license 99US$, dan sebagai percobaan dimulailah project emobible itu, tadinya punya target tahun 2009 harus sudah publish satu aplikasi ke appstore… tapi Tuhan memang baik, saya diberi kesempatan jalan-jalan ke… umm…  lumayan lah buat seorang kecil seperti saya…balimesirsingapurthailandindiajepangaustralia, sehingga dengan suksesnya project tersebut terbengkalai…
Jadi, setahun terlewat dengan sukses membuang kesempatan bahkan untuk deploy ke iPhone untuk sekedar testing saja…
Dan tahun 2010, sy memulai lagi menyelesaikan aplikasi ini, setidaknya untuk tahap Beta, bersama teman seiman Hari Bagus Firdaus, yang mengerjakan di bagian server.
Nah, OK, itu curhatnya, ini caranya:
Lingkungan implementasi saya adalah
– hardware: seperti di atas, iPhone 2G saya sekarang firmware 3.1.2, dan udah di-jailbreak pastinya… kalo ga tidak bisa..
– Software: Xcode 3.1.3

Prasyarat: buatlah sebuah aplikasi, dari yang sederhana aja dulu.. misal, menampilkan layar berwarna merah semua…. Gampang, dengan menambah UIView yang telah diganti warna jadi [UIColor redColor] misalnya…
Langkah 1: membuat certificate2an…
Cari program Keychain access (ketik di explorer).
Lalu pada menu atas, pilih menu Keychain access -> Certificate Assitant -> Create a Certificate

Pada halaman yang keluar, ada baiknya anda mengganti

name menjadi: iPhone Developer,
Identity Type: Self Signed Root
Certificate Type: Code Signing,
Jangan lupa centang  ‘Let me override defaults’
Klik terus continue, yes, continue, yes… ampe selese dah….
Nah, itu udah jadi tuh certificate nya, perlu di-notice akan ‘this certificate is not trusted’, ya iyalah… kan ga lewat cara resmi apple…
Tutup aplikasi Keychain Access

Langkah 2
Kembali ke Xcode, pada project apps anda, masuk ke menu Project -> Edit Project Setting, lalu pada tab build, cari bagian code signing, lalu pada bagian  Code Signing Identity, Any iPhone OS device, masukkan nama certificate, yaitu ‘iPhone Developer’ atau nama yang tadi anda masukkan di certificate yang telah dibuat.


Jika sudah, maka ubah target build apps anda, dari combo box kiri atas, ke type Device – X.X. Dengan X angka firmware, dan type build nya release


Lalu Cmd-B lah project anda… (ga mungkin cmd-enter kan, secara Build and run gituh… run ke mana? ☺)
Di Bagian project explorer, cari folder product, ada file berekstensi .app, klik kanan, reveal in finder, itulah bundle apps yang anda buat!

Selamat ya! Tinggal sedikit lagi langkah2 deploy apps (setidaknya melihat apps yang anda buat susah payah berjalan di iPhone anda sendiri kan tampak keren… dikitttt….)…. Pantengin terus blog ini, karena part 2 akan saya posting dalam waktu dekat juga….
Oh ya, jika ingin mencoba aplikasi yang telah saya buat, bersama si pembuat servernya si Hari Bagus Firdaus, silakan masuk ke http://emobible.com sederhana sih, secara kan juga pas buatnya sambil belajar… tapi mudah2an bisa terus sy perbaiki sampai jadi lengkap selengkap2nya….
Tuhan memberkati!!

4 comments on “Langkah2 Bangun sendiri aplikasi iPhone-mu, crack sendiri, dan share sendiri (part I)

  1. Ad cr alternatif laen tanpa hrs bikin bundle. Tinggal colok device trus build & run lgs install sendiri (mirip cr kalo dah di approve development programny). But, silakan selesaikan shareny dulu. Nice info.

  2. Syaloom…terima kasih infonya,tapi aku ngak ngerti cara2 di atas,saya punya iphone apple buatan china….tolong bantu dong aplikasi ALKITAB yang langsung bisa saya instal di HP saya ini kalu boleh ngak ribet coz saya masih GATEK…..makasih ya
    tolong infonya dikirim juga di email saya fernandotumiwa@yahoo.com

    GOD BLESS YOU

  3. haloo..
    saya ngliat post diatas,,berarti anda tau banyak ttg iPhione yah..mudah2an..saya mau nanya,, kalo misalkan iphone yang sudah di jailbreak lalu di update OS, fungsinya masih berperan? (maksudnya masih bisa download file crack?) terimakasih…
    soalnya skrg saya jd tidak bisa masukin aplikasi terbaru… tapi yang lamanya masih ada..

Tinggalkan Balasan

