Larry Ellison… Masih Membanggakan Ijazah Anda ??

Gyajajajaahahha… masih membanggakan status kesarjanaan anda? Karena ada komentar ‘keingintahuan’ si anak Bali, Hari Bagus Firdaus akan pidato controversial lainnya, maka davsam akan menghadirkan pidato Larry Ellison, CEO Oracle Corp, orang kedua terkaya di dunia pada masanya. Ini juga gw kutip, dari pidatonya pas dia disuruh bikin pengantar bagi kelulusan Yale University angkatan 2000.

Lulusan Yale University, saya minta maaf bila anda telah mengalami prolog seperti ini sebelumnya, namun saya ingin anda untuk melakukan sesuatu untuk diri Anda sendiri. Tolong, lihat sekeliling Anda dengan baik, lihat teman di sebelah kiri anda. Lihat teman di sebelah kanan anda. Sekarang pikirkan ini: 5 tahun dari sekarang, 10 tahun dari sekarang, bahkan 30 tahun dari sekarang, kemungkinannya adalah orang di sebelah kiri Anda akan jadi pecundang. Orang di sebelah kanan Anda adalah pecundang, dan Anda di tengah ? Apa yang anda harapkan? Pecundang, CUM LAUDE Pecundang (kalo di bule nya loser, kalo diterjemahin emank jadi ga enak banget.. redaksi)

Nyatanya, ketika saya melihat ke hadapan saya sekarang, saya tidak melihat seribu harapan untuk masa depan yang cerah. Saya tidak melihat pemimpin masa depan untuk seribu industry. Saya melihat seribu pecundang. Anda kesal. Itu bisa dimengerti. Bagaimanapun, bagaimana saya Lawrence ‘Larry’ Ellison seorang drop out dari kampus, memiliki keberanian untuk mengatakan omong kosong ini pada lulusan salah satu institusi bergengsi bangsa ini? Akan saya katakana sebabnya. Karena saya Lawrence ‘Larry’ Ellison, orang terkaya di planet ini adalah drop out kuliah, dan anda tidak!

Karena Bill Gates, manusia terkaya di planet – saat ini – adalah juga drop out kuliah, dan Anda tidak!

Karena Paul Allen, orang ketiga terkaya di planet ini, keluar kampus, dan anda tidak!

Dan berikutnya, karena Michael Dell, no. 9 dari daftar dan bergerak cepat, adalah drop out kampus, dan sekali lagi anda tidak!

(buset, gwa di informatika, berusaha mempelajari dan mendapat sertifikasi dari dedengkot yang ga pernah lulus kuliahnya… diapusi yo ra ngerti.. =( Oracle, Microsoft, Dell…,redaksi)

Hmm.. Anda sangat kesal. Itu bisa dimengerti. Jadi biarkan saya mengelus ego Anda dengan menunjukkan, dengan jujur, bahwa diploma anda tidak diperoleh dengan percuma. Kebanyakan dari Anda, saya percaya, telah menghabiskan empat sampai lima tahun di sini, dan dalam banyak hal apa yang Anda telah pelajari dan alami akan berguna bagi Anda di tahun mendatang. Anda telah membuat kebiasaan kerja yang baik. Anda telah membuat jaringan orang yang akan membantu Anda di jalan. Dan Anda telah membuat apa yang akan menjadi hubungan seumur hidup dengan kata ‘tetapi’. Semuanya itu tentu saja baik. Karena anda akan membutuhkan jaringan itu. Anda akan membutuhkan kebiasaan kerja yang kuat itu. Anda akan membutuhkan terapi.

Anda akan membutuhkan mereka karena Anda tidak drop out, dan Anda tidak akan pernah berada di antara orang terkaya di dunia. Oh Pasti, Anda bisa, mungkin mendaki jalan Anda ke atas ke no 10 atau 11, seperti Steve Ballmer. Tapi kemudian, saya tidak perlu mengatakan kepada siapa ia bekerja bukan?

(sebagai informasi aj, Steve Ballmer tuh pentolannya Microsoft di bidang bisnisnya. Si Bill kan orangnya pemalu tuh, jadi kalo negosiasi bisnis, Ballmer tuh yang sebenernya ada di balik semua keputusan bisnis Microsoft yang brilian, redaksi ) Dan dia drop out dari sekolah persiapan. Agak ketinggalan berkembang.

Akhirnya saya menyadari banyak dari Anda, saya harap kebanyakan dari Anda bertanya-tanya? “Apakah ada yang bisa kulakukan? Apakah ada harapan untukku?” “Tidak ADA!” Terlambat sudah. Anda telah menyerap terlalu banyak, pikiran anda sudah terlalu banyak. Anda tidak 19 tahun lagi. Anda memiliki topii yang berbentuk dan saya tidak merujuk pada papan mortar di atas kepala Anda.

Hmm.. Anda sangat kesal. Itu bisa dimengerti. Jadi mungkin ini waktunya untuk membawa garis perak. Bukan untuk anda kelas 2000. Anda sudah dihapuskan, jadi akan saya biarkan Anda mencari pekerjaan yang mengibakan, yang cek gaji Anda ditandatangani teman sekolah Anda yang drop out 2 tahun lalu.

Sebaliknya, saya ingin memberi harapan bagi semua yang masih sekolah di sini sekarang. Saya katakan kepada Anda, saya tidak bisa menekankan ini. Pergilah. Kemasi barang-barang Anda dan idemu dan jangan kembali. Drop Out dan MULAILAH!

Karena bisa saya katakana bahwa topi dan jubah akan menurunkan Anda seperti petugas keamanan ini menarik saya turun dari panggung dan…

(pidato dihentikan)

Gila, gw merinding kalo ngebaca pidato ini… oh y, no offense loh kepada khalayak luas yang kontra…

Tapi tiap kali gw baca pidato ini… entah kenapa gw malah ngerasain kemarahan, bukan untuk menyetujui, tapi bukan juga untuk menentang!

Gw mungkin belum se-ekstrem si Larry ini… ato mungkin pikiran gw udah teracuni dan ‘gak murni’ lagi seperti yang dia katakan?

Tujuan gw posting blog ini bukan untuk provokasi loh ya… gw Cuma pengen mengekspos apa sih pemikiran dari seorang CEO Oracle… produsen sistem basis data terbesar di dunia saat ini… lab yang gw masukkin, yang ironisnya pengen gw pelajari… Makin bimbang ga loe ??

Gw tau… ini juga menyangkut keinginan orang tua, keinginan kakek, keinginan nenek, dll. Gw juga masih mikirin hal2 itu jg… intinya, I still live for someone else’s dream… baca postingan gw kemaren…

Komentar? Butuh pembahasan?

Entahlah, keputusan di tangan Anda… angkatan 200[]. Yang pasti… keep fool, nerd, and unpredictable

Iklan

6 comments on “Larry Ellison… Masih Membanggakan Ijazah Anda ??

  1. ternyata udah banyak postingan nya nih, btw, gw juga nulis ttg DO DO an, mungkin ini post sebagai pelengkap aja atas tulisan lu ini. Silakan diicip

    –piss

  2. selalu ada hal2 kontroversial dari orang2 besar,
    kadang saya berpikir klo mereka memang dilahirkan berbeda..
    atau hanya diri saya saja yang mematikan diri sendiri…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s