Subconscious answer

Sebuah percakapan yang kurang nyambung antara saya dan supervisor…

S(upervisor): David, when will you go home?

M(e): This September around Fall holiday sir…

S: No, I mean, When will you leave the lab tonight? I need to brief you regarding the research

M: …

.

.

‘home’? =)

Iklan

Limbo

Yes, it’s been a decade since I haven’t updated the old rusty blog…

Time flies…

Sekarang waktu menunjukkan 14 menit menuju tahun 2011… yak, 13 menit…

gw rasa gw harus menulis sesuatu..

yeah, dah hampir 3 bulan gw berada di tempat baru… negeri baru, yang sama sekali asing buat gw…

I live a new life.. I guess.. Berjuang tepatnya…

Well, hidup sebagai bujangan memang nggak gampang ya.. tepat seperti lagu dangdutan yang sempat tenar beberapa tahun lalu..

makan-makan sendiri, mandi, mandi sendiri… nyuci, nyuci sendiri

tidur pun sendiri..

OK, I can handle that…but..

Not only that… obstacle terbesar lainnya adalah:

Bahasa…

gile men, tiap hari gw merasa lagi maen final fantasy versi jepang… sambil mikirin kapan tuh SquareSoft ngeluarin final fantasy yang english version.

Ga gampang…

Obstacle lain:

Riset en campus life,

Ya, untuk yang satu ini, gw hanya bisa bilang, bangsa ini tuh bangsa yang menciptakan merek2 seperti honda, yamaha, toyota, sony, panasonic… what can I say, level nya bedaaa banget…You have to be superb awesome here, while I’m just a little culprit trying not to be kicked out early from this country because of my dumbness…

Btw, dah jam 12 tepat di sini.. HAPPY NEW YEAR!!!

Banyak temen seperjuangan di sini, masing2 dengan problema dan karakteristik yang berbeda, mungkin ini yang namanya hidup… everyone has their own problem..

Semua orang baik… helpful banget terhadap newbie seperti sy… cuma mungkin gw belum menemukan orang2 yang “klik” … Ato memang gw ga pernah menemukan ya? hmm…

Siklus itu berulang…

Jambi, Jogja, Bandung, then Osaka…

Hmm… Bahkan kemampuan linguistik gw dalam mengolah kata2 sudah terdegradasi…

Nulis blog yang isinya ga runut…

eniwei, Tahun Baru… Wish I will find a way to resolve this “Limbo”…<– see?? akibat make bahasa inggris setengah2, bahasa indonesia setengah2, bahasa jepang 1/4, kemampuan linguistik gw bener2 berkurang drastis…

Wish I could find a way to resolve this Limbo…

Orang-Orang Seperti Inikah yang Mau Anda Bantu Supaya Maju??

Ga ngurusin lah yang orang-orang DI ATAS lagi… Helpless… hopeless…

nih, pengalaman gw, ga tau lagi lah, mo pake nama sebenarnya kek, nama samaran kek, atur sendiri.. gw cuma ngelindungin yang PERLU2 dan PANTES aj….

SMS 1

tgl: 16 September 2010 pukul 13.00WIB

Ibu ambar, saya david. hari ini tgl 16 sept pukul 13.00 WIB saya mengecek rek. BNI, ternyata beasiswa N*N sy blm ditransfer jg. Bsok adlh hari kerja terakhir sebelum kesepakatan bahwa beasiswa ditransfer sebelum tgl 20 sept (hari senin). Apakah kesepakatan itu masih bisa saya pegang dan harapkan? Terima kasih atas perhatian Ibu.

SMS BALASAN:

Tgl 17 September 2010 Pukul 10.31 WIB (dibalas BARU KEESOKKAN HARINYA, see, why it’s helpless? even in, katanya siiii, institut paling bagus…)

Yth. David yang Baik, maaf baru balas sms. Untuk beasiswa N*k*a, kami sudah  cek sdg diproses di ITB pusat dan akan ditransfer tgl 24 sept 2010 ngga apa2 kan? Salam Ambar

SMS SAYA:

Tgl 17 September 2010 Pukul 10.48 (liat bedanya kan? orang yang kongkrit ama enggak?? dari jam ngebales sms nya aj udah bs ditebak)

Yth. Ibu ambar, terima kasih hanya untuk sudah mau membalas pesan singkat dengan terlambat sekalipun. Kesepakatan awal adlah sebelum tanggal 20 September. Ada 3 hal penting di sini.

1. Siapa yang akan mentransfer dari rekening BNI ke rekening sy di Jepang pada tanggal 24 Sept? Sedangkan saya sudah tidak ad di Bandung lg.

2. Jika saya harus mengundur tiket HANYA untuk mengurus di tgl 24, siapa yang akan menanggung tiket pesawat singapore airlines seharga 1440 USD?

3. jika kesepakatan awal tgl 20 September saja sudah tidak ditepati, atas dasar apa lagi saya bisa percaya tgl 24, transfer akan dilakukan? Saya sangat mengharapkan STEI ITB benar2 concern dengan kami, walaupun kami sekarang hanya alumni yang belum jadi apa2. Untuk hal ini, saya bersedia bertemu dengan pihak yang berwenang untuk memproses hal ini sblm perjanjian awal tgl 20, kapanpun dan dimanapun juga. Terima kasih.

SMS BALASAN:

tanggal 17 September 2010 Pukul 11.09 WIB

Jawaban: 1. Yg pasti akan ditransfer. 2. Minta no. rekening dan nama bank. 3. Kalau tgl 24 September blm sampai, sy yang bertanggung jawab. Salam Ambar.

Pliss lah, pertama gw orang mata sipit, terkenal dari dulu ga pernah mau lah cari2 masalah, asal hak dan kewajiban bisa saling mengerti..tapi ini keterlaluan, beasiswa kok, saya udah lulus, belum dibayar2 jg…. Saya tidak pernah nunggak bayar kuliah, saya nggak pernah bermasalah akademik.. Dan apa saya perlu menyebutkan apa saja penghargaan nasional dan internasional yang saya perjuangkan bersama tim, tapi kalau masuk koran, 3 huruf institut ini selalu dibawa2??

Kalau sampai tulisan ini dipermasalahkan, PLEASE SOMEBODY, bikinin program “KOIN UNTUK DAVSAM”… lumayan, ratusan juta bisa kekumpul, based on previous story sih..

Ini belum termasuk perlakuan tidak menyenangkan petugas2 di loket2 loh… saya nerima aja…

NB: prosedur pengurusan beasiswa sudah dilakukan sejak bulan APRIL 2010. beasiswa dari sponsor turun sekitar awal bulan Agustus 2010. perlu waktu 1 bulan lebih untuk mengurus supaya nyampe ke mahasiswanya?

Hey Software Developer!! nih ada proyekan lah, diurus sistem informasinya…

Kok gw berasa samuskidal sikimainan ya marah2 di blog?? ya gimana lagi?? kami dari daratan yang sama gitu…

(inget ini+GEMASTIK+Imagine Cup 09+One week in Africa)… orang2 seperti inikah yang mau anda bantu supaya maju???

saya tidak mempermasalahkan skill nya, tapi RESPONSIBILITY NYA BUNG!!!

Langkah2 Bangun sendiri aplikasi iPhone-mu, crack sendiri, dan share sendiri (part I)

Sebelumnya menyebar ilmu, bisa mendengar sedikit kisah dari saya.. auau…
Tertarik mengembangkan aplikasi iPhone/iPod touch? Terbentrok harus beli 99US$ lisensi? Di mana ada kemauan, di situ ada jalan… setidaknya itu kata pepatah.. hehe
Saya akan mencoba sharing tentang iPhone development ‘jalan belakang’. Tentu saja dengan cara ini, tidak serta merta anda bisa publish aplikasi anda di appstore. Tapi setidaknya, sambil menunggu account anda di-approve oleh Apple, tidak ada salahnya anda mencoba memasukkan aplikasi ke dalam iPhone anda… ya kan? Hehe…
Oh ya, saya telah mengembangkan sebuah aplikasi yang saya develop mandiri, crack mandiri, dan sebar secara free dan mandiri juga, yaitu EmoBible… yang bisa anda unduh di sini
Developing aplikasi di iPhone memang ‘sedikit mewah’… apalagi bagi saya seorang mahasiswa kecil… mengumpulkan duit untuk membeli ‘senjata saja’ setengah mati… dari 2008 saya kumpulin uang… sen demi sen untuk membeli perlengkapan yang saya gunakan dalam percobaan kali ini:
-iPhone 2G (beli Okt. 2008), oleh2 menang kompetisi megatron, yang beberapa bulan setelahnya langsung digempur iPhone 3G T_T
– Macbook Putih 2.4 Ghz. (beli th Desember 2008), oleh2 menang kompetisi NIC 2008 (beli 13 juta, ternyata beberapa bulan kemudian keluar macbook aluminium harga 14 jutaan T_T)

That’s it! Dulu awal tahun 2009 juga sempet ngebeli license 99US$, dan sebagai percobaan dimulailah project emobible itu, tadinya punya target tahun 2009 harus sudah publish satu aplikasi ke appstore… tapi Tuhan memang baik, saya diberi kesempatan jalan-jalan ke… umm…  lumayan lah buat seorang kecil seperti saya…balimesirsingapurthailandindiajepangaustralia, sehingga dengan suksesnya project tersebut terbengkalai…
Jadi, setahun terlewat dengan sukses membuang kesempatan bahkan untuk deploy ke iPhone untuk sekedar testing saja…
Dan tahun 2010, sy memulai lagi menyelesaikan aplikasi ini, setidaknya untuk tahap Beta, bersama teman seiman Hari Bagus Firdaus, yang mengerjakan di bagian server.
Nah, OK, itu curhatnya, ini caranya:
Lingkungan implementasi saya adalah
– hardware: seperti di atas, iPhone 2G saya sekarang firmware 3.1.2, dan udah di-jailbreak pastinya… kalo ga tidak bisa..
– Software: Xcode 3.1.3

Prasyarat: buatlah sebuah aplikasi, dari yang sederhana aja dulu.. misal, menampilkan layar berwarna merah semua…. Gampang, dengan menambah UIView yang telah diganti warna jadi [UIColor redColor] misalnya…
Langkah 1: membuat certificate2an…
Cari program Keychain access (ketik di explorer).
Lalu pada menu atas, pilih menu Keychain access -> Certificate Assitant -> Create a Certificate

Pada halaman yang keluar, ada baiknya anda mengganti

name menjadi: iPhone Developer,
Identity Type: Self Signed Root
Certificate Type: Code Signing,
Jangan lupa centang  ‘Let me override defaults’
Klik terus continue, yes, continue, yes… ampe selese dah….
Nah, itu udah jadi tuh certificate nya, perlu di-notice akan ‘this certificate is not trusted’, ya iyalah… kan ga lewat cara resmi apple…
Tutup aplikasi Keychain Access

Langkah 2
Kembali ke Xcode, pada project apps anda, masuk ke menu Project -> Edit Project Setting, lalu pada tab build, cari bagian code signing, lalu pada bagian  Code Signing Identity, Any iPhone OS device, masukkan nama certificate, yaitu ‘iPhone Developer’ atau nama yang tadi anda masukkan di certificate yang telah dibuat.


Jika sudah, maka ubah target build apps anda, dari combo box kiri atas, ke type Device – X.X. Dengan X angka firmware, dan type build nya release


Lalu Cmd-B lah project anda… (ga mungkin cmd-enter kan, secara Build and run gituh… run ke mana? ☺)
Di Bagian project explorer, cari folder product, ada file berekstensi .app, klik kanan, reveal in finder, itulah bundle apps yang anda buat!

Selamat ya! Tinggal sedikit lagi langkah2 deploy apps (setidaknya melihat apps yang anda buat susah payah berjalan di iPhone anda sendiri kan tampak keren… dikitttt….)…. Pantengin terus blog ini, karena part 2 akan saya posting dalam waktu dekat juga….
Oh ya, jika ingin mencoba aplikasi yang telah saya buat, bersama si pembuat servernya si Hari Bagus Firdaus, silakan masuk ke http://emobible.com sederhana sih, secara kan juga pas buatnya sambil belajar… tapi mudah2an bisa terus sy perbaiki sampai jadi lengkap selengkap2nya….
Tuhan memberkati!!

EmoBible beta release version is Here

Bagi para pengguna iPhone dan iPod Touch, dapat men-download aplikasi pembaca alkitab yang telah saya kembangkan bersama teman saya di sini.

Adapun beberapa fitur unggulan yang patut dicoba:

Natural user interaction, seperti swipe untuk pindah halaman, pinch untuk mengubah aturan font, touch layar bagian atas untuk memunculkan menu, dsb.

Share ayat alkitab ke Facebook! mari kita menyebarkan Injil ke seluruh pelosok dunia!

Saat teduh/renungan, yang dalam waktu dekat akan diisi oleh para publisher dan penulis saat teduh yang berpengalaman di bidangnya… Teks akan di-update setiap hari, sehingga diharapkan anda dapat terberkati dengan adanya renungan ini.

Aplikasi ini dapat di-install pada iPhone dan iPod touch dengan firmware 3.0 ke atas, dan file instalasi bertipe .ipa, yang berarti dapat terinstall apabila iPhone dan iPod anda telah di-jailbreak. Namun dalam waktu dekat, kami akan berusaha untuk memasukkan aplikasi ini ke dalam appstore juga sebagai free application!!

Oleh karena ini adalah beta testing, maka sangat dibutuhkan komentar dan saran perbaikan di masa yang akan datang. Terima kasih, semoga anda diberkati dengan pekerjaan kami.

Thanks To Hari Bagus Firdaus untuk dedikasinya dalam pengembangan aplikasi server. Enjoy!

Iphone Development Tips :unable to read unknown load command 0x80000022

Do u ever got some message like that in the debugger of Iphone? unable to read unknown load command 0x80000022? and then it will hang

Yeah, that sucks. As a newbie in the Iphone development, at the first time I have no idea how to solve the problem.

I got the message in many cases, but I keep forgetting the cause… and I’m suffering from this stupid behavior, so I’m gonna post it down to nail it on my mind.

Basically, if you got the error message like that, probably you are trying to do something below, which are stupid thing I kept trying to do:

– you want to RELEASE an object that has alreadly been released.

– you RELEASE an autoreleased object

you try to access an object that has already been released!

-you forget to retain an object that is valuable, and and it’s located in an autorelease pool, especially in different thread.

As for my case, I try to fill an UITableView from XML reading & parsing, which is I try to achieve  from different thread, because I don’t want it to block the UI, and then when I scroll it, or when I finish the DidSelectRowIndexPath, I got the error message. It took me hours to finish it, because I know I ever got the problem, but the brilliant me KEPT FALLING in the same hole, it just like pain in love…

another tips guys, CMIIW, all objects that you assign without alloc in different thread that you detached will get released in the end… I mean, it’s not like if you create it in the main thread, e.g:

NSString *str = @”I’m punked”;

when you do that in the main thread, it stay as it is…

but when you do that in the detached different thread.. it is autoreleased in the end (since u don’t allocated something either! it is the same as autorelease object), CMIIW…

well, how to effectively debug this? well, one tool that’s useful is NSZombie !! aaw awaw… What it basically do is when you enable NSZombieEnable, It will not release the object that you sent release message, so it is useful for debugging the memory and all the release-autorelease-retain stuffs, and it will tell you exactly the location when you get crash, or Memory bax EXCESS stuff

to enable the NSZombie all you need to do from ur XCODE is:

1. double click the executable icon in the left panel

2. go to “Argument” TAB

3. in the Variables to be set in the environment, type  “NSZombieEnabled=YES”

that’s it, but beware, coz u don’t want it enabled when you ship it in the AppleStore… as it will not really release the object you’ve already sent the release message.

Another tips: try to retain object/variables/anything that has the indication that it is not available… use ur animal instinct! ;p

Or, you could do it with trial and error… and then make it as a learning curve of your brain =)

That’s all folks… forgive for my dumb post, hope it can save minutes of someone night-coding-time….

thanks.

Kehilangan greget, lagi…

Setelah dengan sukses dalam 1 minggu ini hanya duduk di atas ranjang, memelototi screen komputer, tanpa maksud jelas…

diiringi dengan tracklist Glenn Fredly, (not the new one, old school never dies… ‘Sedih Tak Berujung’, ‘Akhir Cerita Cinta’,…).. well, I guest I’m losing my passion…

When did you do something for the first time? setahun lalu? seminggu lalu? kemarin? yang pasti, gw merasa kehilangan greget… lagi…. yak, LAGI guys… rasanya masih inget baru kemarin dengan semangat gw mengeksplor sesuatu, membuat presentasi ini itu, pergi sana-sini, tertawa terbahak-bahak… memfoto itu ini… tapi, akhir2 ini… semuanya hanya terasa seperti ilusi… ilusi akan bayangan masa lalu…

ketika ada di sebuah titik, ketika semua yang dilakukan hanya repetitif, semua hanya mengulang… review… doh… gw merasa ada ‘sesuatu’ yang hilang… apa ya?

Hasil Enneagram kedua teman Sampotku… (part 1)

Ahahaahaoo…. sudah LAMA SEKALI SAYA TIDAK NGEBLOGG… NGELOLONG DULU AHH AU AUUUUUUUUUUUUUUUUUU…..
Kenapa kamu jarang nulis blog lagi sam? OK, gw memang sampot… selain dari kepelikan hidup yang terus menerjang, gw juga merasa minder untuk kembali menulis… hehe… that’s all… but today is special, I just wanna write!! wohoooo… welcome back SAM!!
Setelah berhasil melewati satu lubang jarum lagi hari ini… akhirnya tiga sampot ini berkumpul kembali… just like the old times…
Well… sebenernya ga lama2 banget.. tapi jika saya menengok ke belakang, melihat apa yang telah kami lalui bersama…. hmm… sepertinya cerita persahabatan Dampot Samuel, Dominikud dampot, dan Doggy dampot bakal jadi memori yang asik untuk kita kenang kembali, 1 tahun lagi, bahkan, mungkin 20 tahun lagi… haha…
Baru2 ini, gw menemukan kuis di pesbuk yang OKETA punya… kenapa oKETA? karena hasilnya diklaim 80% akurat, setidaknya aku merasakan kedua dampot kembar itu sesuai banget hasilnya dengan analisis kuis ini… kalo mau nyobain, silakan dilihat di sini
Mulai yak, akan gw samakan dengan kejadian-kejadian yang setidaknya kualami dengan dampot kembar itu…
dari Domikinus Dampot Putranto:
Hasil: Romantis
Memiliki perasaan yang peka, pribadi yang hangat dan pengertian. Memiliki kebutuhan besar untuk mengekspresikan diri dan dilihat sebagai pribadi yang orisinil (tidak meniru orang lain). Keunggulan : hangat, berbelaskasihan, introspektif, ekspresif, kreatif, intuitif,… mendukung, dan lembut. Kejelekan : depresi, sadar-diri, dikuasai rasa bersalah, sok moralis, menarik diri, keras kepala, moody, dan tenggelam dalam pikiran sendiri. Cara bergaul dengan saya : Sirami saya dengan puian. Itu sangat berarti buat saya. Jadilah teman atau pasangan yang mendukung. Bantu saya untuk belajar mencintai dan menghargai diri sendiri. Hargailah bakat intuisi dan visi saya yang istimewa. Meski tidak selalu ingin segera ceria ketika bersedih, terkadang saya senang jika orang membuat saya sedikit ceria. Jangan katakan bahwa saya terlalu sensitif atau bertindak berlebihan.
Analisis:
Peka: ni anak peka banget.. kadang2 pekak (baca: pekok)..
Hangat dan pengertian: ga bisa disangkal damas orang yang memang hangat.. maka dari itu dia bisa merasuk ke seluruh lapisan pergaulan… dari cina, jawa, sampe tukang becak pun bisa masuk… memang dia orang yang paling pengertian, dan setelah melalui timpaan cercaan hidup bersama, di dampot ini senantiasa paling asik saling backup, apalagi kalo lagi bepergian abroad…ahhaha..
Memiliki kebutuhan besar untuk mengekspresikan diri dan dilihat sebagai pribadi yang orisinil (tidak meniru orang lain):
Nah, yang ini BENER BANGET… si damas ini memiliki selera yang bener2 berbeda… mulai dari pakaian yang selalu beda, apalagi kalo baru pulang dari Jogja.. haha.. punya selera hobi beda, setidaknya dari anak IF kebanyakan… yaitu sepeda ekstrim dan airsoft…. kemampuan Flashnya adalah DEWA… dan memang seleranya BEDA BANGET… aliran lagunya indie2-rock ga jelas (sendalku digondol asu sing ndowe metu kae.,,)
berbelaskasihan: Ini bener juga, gimana setelah melihat kelakukan TEMAN SEPERMAINANNYA yang sangat PRODUKTIF, masih mau setim lagi di ICUP2009.. haha… bener2 Damas lah.. tapi kayaknya sekarang sifat ini mulai tergerus dengan sifat kejam gw.. haha.. sebenernya sifatmu yang satu ini apik loh mas… ^^
introspektif: Damas sering mengeluarkan kata-kata seperti ini: “Ho oh ya, kok aku gini ya, kok aku gitu ya…”, menunjukkan dia introspektif.. haha…
ekspresif: Jujur, terkadang DAMAS tuh LEBAI… terutama pas tarian raja kewan pas mukrab kemarin, yang mengakibatkan aku kejeduk sirah jubin… dan reaksinya untuk sesuatu yang seharusnya biasa2 saja, bisa dimanipulasinya jadi LEBAI BANGET… lebai o kowe MAS!! GEMBUL!!
kreatif, intuitif: tercermin dari GUI yang dirancangnya selalu demikian.. dan solusi dari segala permasalahan IT yang dia kemukakan, semuanya begitu sempurna. dan dewa… hahahahaha…
mendukung, dan lembut: Damas selalu mendukung kawannya, salah satu sikap yang membuat orang lain juga jadi Pede.. kata-kata yang selalu mengawali dukungan yang keluar dari mulut Dampot satu ini: “Ho oh vid! aku percaya kowe pasti isa lah”, “Ok lah, I’m in lah..”,”ugh ugh..” Damas ini juga pribadi yang lembut dan lelembut juga…
sadar-diri, depresi: Ini sering banget keluar di saat2 random… tiba-tiba berkata: “aku kok tukang tidur ya…”,”ho oh.. aku kok gembul ya…”
dikuasai rasa bersalah, nah, yang ini juga bener banget… palagi digabung dengan sifat “kritik sarkasm pedas” ala saya, hanya satu kata yang sering keluar dari mulut Dampot saat dikuasai rasa bersalah, sambil senyam-senyum, “iya vid, maaf vid.. hehehehe”..
sok moralis: memang LEBAI… (sejujurnya aku ga menemukan deskripsi kelakukan damas yang sok moralis… karena memang dari kelakukan sehari-harinya, si dampot satu ini tampak Amoral)
menarik diri: Damas jarang terlihat di kumpul2 skala besar…mungkin karena sifat ini tampaknya.. hampir sama seperti sifat ku yang,”beri aku waktu untuk menyendiri” tampaknya… haha…
keras kepala: walau terkadang tidak berpendirian… Damas termasuk orang yang keras kepala sebenernya… hal ini ditunjukkan dengan prestasi kerja yang luar biasa… menurutku kowe iso mengerjakan hal2 ajaib dengan komputer itu, karena kowe orang yang keras kepala.. dan memang bener2 ngerasa malu kalo di bidang kuwi kowe merasa kalah.. hoho.. bener ga mas? haha
moody: Walau dilihat sering ketawa, padahal Damas memang sering sedikit moody… kalo lagi ga mood, biasanya dia groa groi gitu… raut muka khas saat moody… terutama kalo lagi kena sindrom Januari… tapi Damas selalu berusaha untuk ketawa, tapi sebenernya aku ngerti nek dia lagi moody.. auauuuu… haha…. terkadang malah si Dampot ini ngelapor tiap hari.. bahwa dia lagi moody.. sampe kerjaane terganggu.. ahahahah…
tenggelam dalam pikiran sendiri: Tak pelak lagi, terkadang Damas memiliki dunianya sendiri, dunia yang mengendurkan segalanya.. mulai dari kacamata OAKLEY, monitor ACER, plesdis mamax, obeng bang satrio… sampai mainan listrik di museum listrik Jepang… semua kendur begitu dia pegang… menurutku si Dampot ini keingintahuannya sangat besar, direpresentasikannyalah dengan ‘menginspeksi’ secara mendalam terhadap benda-benda yang ada di sekitarnya, yang biasanya berakhir dengan chaos…
Sirami saya dengan pu(J/K)ian: bener kan!!! Damas tuh kalo dibilang DEWA, sebenernya dia itu seneng… apalagi kalo dibahas mengenai sisi dewa apa yang dia miliki… mukanya bakal berseri-seri.. ketawa2 terus…
Jadilah teman atau pasangan yang mendukung. Bantu saya untuk belajar mencintai dan menghargai diri sendiri. :Nah.. ini memang bener juga… karena sifat merasa terus bersalah, maka si Damas ini memang harus lebih mencintai dirinya sendiri.. karena terkadang, bahkan hanya karena satu angkatan pada beli iphone, dia tuh bisa bingung ga jelas dan malah pusing sendiri.. padahal ga ada apa-apa.. 😐
Hargailah bakat intuisi dan visi saya yang istimewa: idem sama yang di atas2.. intinya cuma 1: PUJI DAMAS DENGAN SEMENA-MENA, maka dia akan semakin tertawa senang…
Meski tidak selalu ingin segera ceria ketika bersedih, terkadang saya senang jika orang membuat saya sedikit ceria: Hoho.. nek iki aku belum pernah melakukan.. kadang kalo lagi kena sindrom, Dengan sengaja kuingatkan mengenai kewajibannya, Damas yang amoral ini akan segera melupakan masalahnya.. memang pelupa-lupi anak satu ini….\
Jangan katakan bahwa saya terlalu sensitif atau bertindak berlebihan: DASAR si DAMPOT sensitif O kowe MAS, karo LEBAI BANGETTTT!!
AUAUUAUAUA…. sekian analisis saya mengenai si dominikus… “kus, kerjain kus ya, pemetaannya kus, he eh, yang bagus kus ya, he eh…”
duh, dah ngantuk, terpaksa giliran si manusia paling menyebalkan, doggy Dhampot gOZAImas yang nama piagam icupnya ga valid ditunda untuk posting esok hari… gw mo tidur dulu lah… haha…
HATI-HATI AKAN ANALISIS GW POT!!! akan merendahkan mutu dan meninggikan harga!!!
see ya all !!!!!